021-80880882

Deskripsi Program Studi

Program Studi Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3) Universitas Binawan merupakan pendidikan Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3) pada jenjang D4 dengan akreditasi B berdasarkan keputusan BAN-PT pada sertifikat akreditasi No. 2222/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-IV/X/2016 yang dapat dilihat disini.

Program Studi D4 K3 Universitas Binawan mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi Sarjana Sains Terapan K3. Keselamatan & Kesehatan Kerja adalah ilmu dan seni dalam pengelolaan hazard (resiko, bahaya) dan akibatnya, baik yang akan mengganggu fisik maupun psikis, sehingga tercipta kondisi tempat kerja yang aman dan sehat dalam rangka meningkatkan produktifitas kerja.


Visi

Menjadi program studi Keselamatan & Kesehatan Kerja unggulan khususnya dalam pelayanan hypnobirthing, berdaya saing nasional dan internasional serta relevan dengan kebutuhan pengguna pada tahun 2025.


Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi Keselamatan & Kesehatan Kerja sesuai dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dan menghasilkan lulusan yang mampu melakukan pelayanan hypnobirthing, serta berkiprah secara aktif dalam pembangunan kesehatan tingkat nasional dan global.
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang Keselamatan & Kesehatan Kerja dan kesehatan guna menunjang pengembangan ilmu, teknologi dan profesi Keselamatan & Kesehatan Kerja.
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat di bidang Keselamatan & Kesehatan Kerja dan kesehatan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam pembangunan kesehatan.
  4. Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak, baik lokal, nasional maupun internasional.
  5. Mengembangkan SDM dan sarana prasarana pendidikan yang mendukung proses belajar mengajar sesuai dengan kebutuhan IPTEK.

Jadwal Pendaftaran

Dapat dilihat di situs Penerimaan Universitas Binawan di tautan http://pmb.binawan-ihs.ac.id


Kontak

Fakultas Kesehatan
Universitas Binawan Jakarta

(021) 80880882
http://192.168.0.4/bin_ci/academic/diploma/ohs

Parameter Capaian Pembelajaran

  1. Unsur Sikap
    • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
    • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
    • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
    • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila.
    • Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
    • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
    • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
    • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
    • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
    • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

  2. Unsur Keterampilan Umum
    • Mampu menyelenggarakan pekerjaan sebagai teknisi dalam program promosi, pencegahan, perlindungan dan penanggulangan masalah di bidang K-3 sektor industri manufaktur, konstruksi, pertambangan dan migas, Transportasi, kesehatan, Jasa.
    • Mampu memecahkan masalah promosi, pencegahan, perlindungan dan penanggulangan di bidang K-3 sektor industri manufaktur, konstruksi, pertambangan dan migas, Transportasi, kesehatan, Jasa yang kompleks berdasarkan pemikiran logis, kritis, dan inovatif, secara mandiri baik dalam pelaksanaan maupun tanggungjawab pekerjaannya.
    • Mampu melakukan kajian kasus kegiatan promosi, pencegahan, perlindungan dan penanggulangan di bidang K-3 sektor industri manufaktur, konstruksi, pertambangan dan migas, Transportasi, kesehatan, Jasa yang disusun dalam bentuk kertas kerja/laporan, atau yang menghasilkan prosedur dan metode K-3 berdasarkan kaidah rancangan dan prosedur baku, dan dapat diakses oleh masyarakat akademik.
    • Mampu mengelola kegiatan promosi, pencegahan, perlindungan dan penanggulangan di bidang K-3 sektor industri manufaktur, konstruksi, pertambangan dan migas, Transportasi, kesehatan, Jasa serta bertanggungjawab atas pencapaian hasil mandiri atau kerjasama dengan lembaga atau organisasi lain dengan mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja;.

  3. Unsur Pengetahuan Umum
    • Mampu menyelenggarakan pekerjaan sebagai teknisi dalam program promosi, pencegahan, perlindungan dan penanggulangan masalah di bidang K-3, baik yang bersifat rutin maupun yang tidak rutin, sesuai dengan persyaratan kerja dan standar mutu.
    • Mampu memecahkan masalah promosi, pencegahan, perlindungan dan penanggulangan di bidang K-3 yang kompleks berdasarkan pemikiran logis, kritis, dan inovatif, secara mandiri baik dalam pelaksanaan maupun tanggungjawab pekerjaannya.
    • Mampu melakukan kajian kasus kegiatan promosi, pencegahan, perlindungan dan penanggulangan di bidang K-3 yang disusun dalam bentuk kertas kerja/laporan, atau yang menghasilkan prosedur dan metode K-3 berdasarkan kaidah rancangan dan prosedur baku, dan dapat diakses oleh masyarakat akademik.
    • Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja sendiri dan kelompok, serta mengkomunikasikan informasi dan ide di bidang K-3 secara efektif melalui berbagai bentuk media kepada masyarakat yang sesuai bidang keahliannya.
    • Mampu mengelola kegiatan promosi, pencegahan, perlindungan dan penanggulangan di bidang K-3 serta bertanggungjawab atas pencapaian hasil mandiri atau kerjasama dengan lembaga atau organisasi lain dengan mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja.
    • Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam melakukan supervisi dan evaluasi kegiatan promosi, pencegahan, perlindungan dan penanggulangan masalah di bidang K-3 yang menjadi tanggung jawabnya.
    • Mampu mengevaluasi diri, serta mengelola pembelajaran diri sendiri.
    • Mampu mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas kerja yang lebih luas.