MENTERI SINGAPURA TERKESAN OLEH STIKES BINAWAN


 

BIHS NEWS

Wednesday, December 7, 2005

MENTERI SINGAPURA TERKESAN OLEH STIKES BINAWAN

JAKARTA: Menteri Negara Singapur Untuk Urusan Luar Negeri Zainal Abidin Rashid mengungkapkan kekagumannya atas kehadiran Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan (STIKes) Binawan, satu-satunya sekolah tinggi dengan program internasional di Indonesia yang mendidik sarjana keperawatan untuk bekerja di pasar internasional.

Didampingi oleh rektor STIKes Binawan Prof. Dr. Azrul Azwar dan beberapa staff pengajar, Rashid dalam kunjungannya ke kampus Binawan Senin melihat secara dekat para mahasiswa Binawan di kelas mereka masing-masing dan berbicara dengan mereka seputar aktivitas belajar dan mengajar di kampus.

“Saya sangat terkesan dengan sekolah tinggi ini karena tinnginya minat masyarakat Indonesia di bidang keperawatan dan kurikulum pendidikan sekolah tinggi ini yang disesuaikan dengan kurikulum pendidikan perawat di Negara-negara maju,” ungkapnya kepada para wartawan di sela-sela kunjungannya selama di kampus.

Stikes Binawan yang didirikan oleh Yayasan Binawan 2001 bekerjasama dengan University of Technology Sydney untuk mendidik tenaga perawat professional untuk dikirim bekerja di luar negri, khususnya Australia, Erapa dan Timur Tengah. Dengan kurikulum internasional dan tenaga-tenaga pendidik dari dalam dan luar negri, para lulusan mempunyai kompetensi yang setara dengan para lulusan luar negri di bidang keperawatan.

Setelah lulus dari Stikes Binawan, para lulusan masih melanjutkan pendidikan di UTS selama enam bulan untuk mendapatkan sertifikat registered nurse (RN) dan ijazah internasional bachelor of nursing. Hingga kini Stikes telah meluluskan 180 sarjana dari berbagai disiplin di bidang ilmu keperawatan.

Rashid juga kagum dengan adanya laboratorium bahasa Inggris dan English campus yang mewajibkan semua mahasiswa dan staff pengajar berinteraksi dalam bahasa Inggris untuk membiasakan para mahasiswa berbicara bahasa Inggris.

“Di samping bahasa Inggris, sebaiknya sekolah tinggi ini juga menyediakan laboratorium bahasa Arab untuk mempersiapkan para lulusan yang akan bekerja di Timur Tengah,” imbuhnya.

Rashid menegaskan perlunya kehadiran stikes sejenis di Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang punya kompetensi internasional di bidang keperawatan sehingga mereka mampu bersaing di pasar global.

Dia meningatkan bahwa kesehatan adalah kebutuhan dasar dan diperlukan banyak sumberdaya manusia yang professional untuk membantu meningkatkan kesehatan rakyat.

Singapur juga mempunyai stikes sejenis dengan kualitas lulusan yang setara dengan dengan tuntutan pasar global, “namun kami juga masih merekut tenaga-tenaga keperawatan professional dari Asia Timur dan tidak menutup kemungkinan untuk merekrut tenaga perawat dari Indonesia di masa yang akan datang,” katanya.

 

Monday the 20th. STIKes BINAWAN 2012
Copyright 2012

©

BigCommerce Review